solusikuliah.id – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sebenarnya tidak ada batasan umur ataupun status, termasuk untuk karyawan melalui kuliah cepat kelas karyawan.

Seperti yang sudah diketahui bahwa biaya kuliah di kampus-kampus yang ada di Indonesia bisa dibilang tidaklah murah meskipun banyak tersedia beasiswa.

Sehingga tak jarang para lulusan sekolah menengah akan lebih memilih untuk mencari pekerjaan terlebih dahulu kemudian melanjutkan kuliah di tahun-tahun berikutnya.

Perbedaan Kuliah Singkat Kelas Karyawan Dengan Kuliah Reguler

Sebenarnya kuliah tetap bisa dilanjutkan di samping menjadi seorang pekerja di sebuah perusahaan. Saat ini beberapa perguruan tinggi telah menyediakan program kuliah kelas karyawan yang bisa dijadikan alternatif. Program tersebut tentu akan sangat membantu para pekerja untuk mengejar pendidikan tinggi. Dari segi ijazah, kualitas, hak akademik, serta gelar tidak ada perbedaan antara kuliah untuk karyawan dengan kuliah reguler. Namun terdapat perbedaan yang dapat dilihat dari sistemnya, seperti berikut ini.

1.    Jam Kuliah

Kuliah singkat kelas karyawan yang diisi oleh orang-orang dengan status pekerja tentu memiliki jam kuliah yang berbeda dengan kuliah reguler. Jam kuliah untuk karyawan akan disesuaikan dengan jam kerja dan kebijakan dari perguruan tinggi masing-masing. Biasanya jadwal kuliah dilakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu di hari weekend. Tapi ada juga yang mengambil jam malam hari setelah selesai bekerja. Sedangkan untuk kuliah reguler tentu akan mengikuti program pembelajaran dari pagi hingga sore hari di weekdays.

2.    Metode Pembelajaran

Selain jam kuliah, metode pembelajaran untuk kelas karyawan pun juga disesuaikan dengan kebutuhan karyawan. Beberapa perguruan tinggi sudah menyediakan metode pembelajaran sistem online. Mahasiswa tidak perlu datang ke kampus untuk mendapatkan materi, melainkan bisa dilakukan jarak jauh dengan memanfaatkan smartphone atau laptop saja. Metode tersebut tentu dapat membantu para pekerja yang memiliki jam kerja cukup padat. Berbeda dengan kuliah reguler yang lebih mengutamakan metode pembelajaran offline atau tatap muka.

3.    Materi yang Didapatkan

Untuk materi dasar sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan. Namun mungkin untuk kuliah khusus kelas karyawan akan mendapatkan materi yang lebih luas mengenai dunia kerja. Dikarenakan seorang karyawan sudah menggeluti dunia tersebut secara langsung. Selain itu, seorang pekerja yang memustuskan untuk melanjutkan kuliah biasanya memiliki tujuan untuk menambah wawasan di bidang pekerjaannya. Itulah alasan mengapa materi yang didapatkan akan sedikit berbeda dengan kuliah reguler pada umumnya.

4.    Biaya

Perbedaan selanjutnya dapat dilihat dari segi biaya. Secara umum, biaya kuliah untuk kelas karyawan akan lebih tinggi hal daripada kuliah kelas reguler. Beberapa perguruan tinggi menerapkan tambahan biaya untuk kelas karyawan, mulai dari Rp100.000 hingga Rp500.000 per semesternya. Ada juga yang tidak mengenakan tambahan biaya alias sama dengan kelas reguler. Namun tergantung pada kebijakan perguruan tinggi masing-masing. Penambahan biaya untuk kelas karyawan disebabkan adanya beberapa fleksibiltas yang disesuaikan dengan jam kerja.

5.    Lamanya Kuliah

Lamanya waktu kuliah antara kuliah kelas karyawan berbasis online dengan kelas reguler pun juga berbeda. Jenjang S1 untuk kelas reguler adalah 8 semester atau sekitar 4 tahun, per semesternya bisa ditempuh selama 6 bulan. Sedangkan untuk kelas karyawan jenjang S1, kebanyakan perguruan tinggi juga menerapkan 8 semester, namun per semesternya hanya ditempuh selama 4 bulan. Sehingga jumlah waktu kuliahnya hanya sekitar 2 tahun 8 bulan.

Seorang karyawan memang disarankan untuk memiliki pendidikan yang tinggi. Oleh karena itu, adanya program kuliah singkat kelas karyawan bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Pastikan untuk berkonsultasi di solusikuliah.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan? Chat dengan kami
Start a Conversation
Halo, pilih salah satu CS kami